Pondok Tilawah akan Dibangun di Enam Kabupaten Sulbar

  • Bagikan

MAMUJU – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat akan membangunkan pondok tilawah Qur’an di enam kabupaten pada tahun anggaran 2023.

“Untuk melahirkan qari dan qariah yang berkompeten serta mampu mengharumkan nama daerah dipentas nasional, Pemerintah Provinsi Sulbar akan berkontribusi,” kata Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik di Mamuju, Selasa (21/6/2022).

Akmal Malik mengatakan bahwa pihaknya akan membangun pondok tilawah di enam kabupaten di Sulbar pada tahun 2023 agar Sulbar dapat berprestasi pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional.

Baca Juga  Tiga Kabupaten Terbaik Kategori Pembangunan Daerah di Sulbar. Adakah Majene?

Ia meminta seluruh kabupaten di provinsi ini untuk melakukan inventarisasi calon qari/qariah. Selanjutnya, mereka dibina dan dikembangkan agar dapat berprestasi pada MTQ tingkat nasional.

Pada kesempatan itu, dia mengapresiasi Pemkab Majene yang mendukung penuh atas suksesnya pelaksanaan MTQ IX di Sulbar.

Baca Juga  Pesan Menohok Camat Sampaga Yusuf Musa saat Pelantikan PKD

Diharapkan pula pelaksanaan MTQ dimaknai sebagai wujud manifestasi diri sebagai umat Islam. Selain itu, menjadikan MTQ sebagai bagian dari bentuk syair Islam di Sulbar.

“MTQ IX di Majene harus melahirkan kader putra asli daerah untuk dipersiapkan menuju MTQ tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2022 di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan,” katanya.

Baca Juga  Jaring Aspirasi Ranwal RKPD, Pemkab Mamuju Gelar Forum Konsultasi Publik

Akmal berharap Provinsi Sulbar tidak mengambil qari/qariah dari daerah lain. Namun, tetap mengandalkan putra daerah untuk mewakili provinsi ini.

“Anak didik pondok tilawah di Sulbar ini yang harus dipersiapkan dengan baik, jangan ambil dari daerah lain, untuk kemajuan siar Islam daerah ini,” katanya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *