KPU Buka Pendaftaran Calon Legislatif dari Parpol

  • Bagikan

MAJENE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI buka pendaftaran bakal calon anggota legislatif (caleg) DPR, DPRD hingga DPD mulai 1-14 Mei 2023.

Tahapan ini merupakan bentuk implementasi Pasal 247 Ayat 2 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu.

Pasal tersebut menyatakan, KPU harus sudah menerima pendaftaran bakal calon anggota legislatif paling lambat 9 bulan menjelang hari pemungutan suara.

Pada waktu yang sama KPU juga menerima pendaftaran bakal calon anggota DPD RI. Pendaftaran bakal calon anggota legislatif ini juga merujuk pada Peraturan KPU RI Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pengajuan Bakal Calon Anggota Legislatif serta Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2023 tentang Perubahan Peraturan Nomor 10 Tahun 2022 tentang pencalonan Anggota DPD RI.

Baca Juga  Parpol di Mamuju Diminta Manfaatkan Masa Perbaikan Dokumen

Partai politik dipersilakan serahkan daftar para kadernya dijadikan bakal calon anggota legislatif (caleg) hingga Minggu (14/5/2023).

Berdasarkan pengumuman KPU Nomor: 18/PL.01.4-PU/05/2023 yang dikeluarkan pada Senin (24/4/2023), dan ditandatangani Ketua KPU Hasyim Asy’ari, menjelaskan pendaftaran calon anggota DPR, DPRD dan DPD dilaksanakan selama 14 hari.

KPU akan melayani mulai pukul 08.00-16.00 waktu setempat pada 1-13 Mei 2023.

Baca Juga  Wapres Harap Pemilu Berjalan Adil dan Netral

Sedangkan di 14 Mei 2023, KPU akan melayani mulai pukul 08.00-23.59 waktu setempat.

Para bacalon tersebut nantinya akan melakukan pendaftaran melalui aplikasi Sistem Informasi Calon (Silon).

Kemudian, para bacalon DPD dan partai politik yang mengusung bacalon DPR dan DPRD diminta untuk unggah dokumen pendaftaran di Silon.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menuturkan, bakal calon anggota DPR RI yang didaftarkan harus mendapatkan persetujuan dari partai Ketua Umum dan Sekretaris Sekretaris Jenderal partai politik peserta pemilu.

Baca Juga  Ketua DPRD Polman Daftar Calon DPD RI

“Jadi bakal calon DPR ri untuk semua Dapil akan dilakukan oleh pimpinan pusat partai politik mendaftarkannya di kantor KPU pusat,” ujar Hasyim.

Adapun daftar bakal calon anggota DPRD Provinsi didaftarkan oleh pengurus partai politik tingkat provinsi dan DPRD tingkat kabupaten/kota didaftarkan oleh pengurus partai setingkat.

“Untuk pendaftaran bakal calon DPD yang dapat mendaftarkan adalah hanya bakal calon yang telah memenuhi syarat dukungan sebagaimana telah dilakukan sejak Desember 2022 ke KPU provinsi masing-masing,” tutur Hasyim.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *