Bupati Mamuju Sidak OPD di Hari Pertama Kerja ASN

  • Bagikan

MAMUJU – Bupati Kabupaten Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah Orgabisasi Perangkat Daerah (OPD) guna mengecek tingkat kehadiran Aparat Sipil Negara (ASN) hari pertama kerja pasca libur, Senin (9/5/2022).

Kegiatan ini sekaligus bentuk silaturahmi Bupati dengan jajarannya usai libur lebaran idul fitri 1443 Hijriah.

Dalam sidak yang dimulai di lingkup sekretariat daerah dan dilanjutkan kesejumlah OPD, bupati  tidak jarang memeriksa kehadiran ASN melalui absensi yang dibacakannya sendiri.

Alhasil nyaris tidak ada dari mereka yang dapat beralasan jika tidak hadir pada senin pertama rutinitas perkantoran.

Baca Juga  Ratusan Calon Jamaah Haji Mamuju Berangkat Menuju Makassar

Bagi yang dinyataka tidak hadir telah disiapkan tiga tingkatan sanksi, dimulai dengan pemotongan tunjangan kinerja 50 persen terhadap mereka yang alpa di hari pertama kerja.

Selanjutnya bagi yang tidak hadir di hari kedua akan dilakukan pemotongan kinerja sebesar 30 persen, dan yang tidak hadir di hari ketiga pasca libur panjang akan diberi sanksi pemotongan kinerja 20 persen.

Tidak menutup kemungkinan akan ada ASN yang mengalami sanksi pemotongan tunjangan kinerja 100 persen jika mereka tidak dapat dapat hadir tanpa alasan yang jelas selama tiga hari berturut-turut pasca libur panjang yang telah berakhir.

Baca Juga  Bupati Mamuju Serahkan Benih Jagung kepada Petani

Selebihnya, Sutinah mengingatkan agar seluruh ASN dapat meningkatkan kapasitas kinerja dan memberdayakan diri ditengah keterbatasan personil tenaga kontrak yang jumlahnya hampir pasti akan mengalami penurunan drastis akibat adanya aturan yang membatasi kehadiran tenaga kontrak.

“Jadi bapak ibu para ASN harus terus meningkatkan kemampuan, dan para pejabatnya harus mampu mengorganisir bawahan masing-masing, berikan tugas kepada semua staf agar mereka juga lebih bersemangat untuk masuk kantor,” tandas Bupati di hampir semua OPD yang di inspeksi.

Baca Juga  Bupati Mamuju Tegaskan Penerima Beasiswa Dua Kategori, Tidak Mampu dan Berprestasi

Dari hasil pantauan bupati serta sekretaris daerah yang melakukan sidak ditempat berbeda, jumlah ASN yang telah masuk kantor pasca libur telah cukup signifikan.

Hanya terdapat satu atau dua orang yang belum hadir tanpa alasan yang jelas, untuk itu Sutinah Suhardi memberikan atensi atas kehadiran semua staf di semua OPD lingkup Pemkab Mamuju.

Ia berharap agar kehadiran dan kinerja pegawai tidak hanya baik pada momentum Sidak, namun diluar itu harus dapat lebih ditingkatkan agar pelayanan prima kepada masyarakat dapat terus meningkat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *