Bupati Mamuju Lantik Pj Kades Tumonga

  • Bagikan

MAMUJU – Penjabat Kepala Desa Tumonga, Kecamatan Kalumpang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, resmi dilantik oleh Bupati Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi, Rabu (18/5/2022).

Pelantikan berlangsung di Kantor Bupati Mamuju dengan sederhana dan disaksikan oleh seorang saksi rohaniwan serta Kepala Dinas PMD dan beberapa staf lainnya.

Adalah Geradus S Toelo yang dipercaya menjabat sebagai Pj. Kades Tumonga, menggantikan Yordan yang dinyatakan tidak lagi dapat melaksanakan tugas akibat menderita sakit sejak bulan Oktober 2019.

Bupati Hj. Sitti Sutinah Suhardi, usai menyematkan tanda jabatan di bahu Geradus menyampaikan beberapa catatan tugas yang harus mampu dilaksanakan oleh Pj. kepala desa. Antara lain mempersiapkan pelaksanaan pemilihan kepala desa definitif.

Baca Juga  Tim Pendamping Keluarga Nusantara Bergerak Dipastikan Siap Jalankan Misi Utama

Selain itu, juga menjalankan roda pemerintahan desa dengan merangkul semua pemangku kepentingan di desa.

Bupati juga menegaskan pentingnya melakukan pengelolaan dana desa secara bijak agar selalu sesuai dengan aturan sehingga tidak terjadi penyimpangan.

Sekretaris Dinas PMD Mamuju, M. Fausan Basir, mengatakan, pelantikan Pj. Kades Tumonga memiliki perbedaan dengan yang lain, sebab agenda utama tugasnya adalah mempersiapkan pelaksanan pengganti antar waktu (PAW) terhadap kepala desa definitif yang dinyatakan berhalangan akibat sakit.

Baca Juga  Pemprov Sulbar Komitmen Tingkatkan Harkat dan Martabat Penyandang Masalah Sosial

Skenario PAW, kata Fausan, baru pertama kali terjadi di mamuju, bahkan belum diatur dalam Peraturan Daerah, sebab itu pengganti antar waktu akan dilakukan berdasarkan Permendagri melalui proses pemilihan lewat perwakilan dusun dan BPD.

Masa jabatan kades terpilih nantinya juga tidak lagi genap lima tahun melainkan meneruskan masa jabatan Kades yang telah digantikan.

“Kita belum bisa berkomentar banyak, sebab ini baru (PAW, red) biarlah Pj. yang dilantik bekerja dulu mempersiapkan, sambil melakukan dinamisasi pemerintahan didesanya. Kita targetkan 3 sampai 6 bulan kedepan pemilihan sudah bisa dilaksanakan,” kunci Fausan.

Baca Juga  Bupati Mamuju Sidak OPD di Hari Pertama Kerja ASN

Sebelum itu, Pj kades Tumonga Geradus S Toelo, mengaku akan langsung melakukan tugasnya dengan membangun komunikasi bersama semua unsur pemerintah desa bersama pemangku kepentingan lainnya.

Pejabat terlantik yang sebelumnya sebagai staf pada SMP Neg 1 Kalumpang ini mengaku cukup mengenal karakteristik desa yang akan dipimpinnya sehingga ia optimis akan dapat menjalankan tugas tersebut dengan baik.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *