Penguatan Program Gerbangsari dengan Kemitraan BUMDes di Selayar

  • Bagikan

MAKASSAR – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar menguatkan Program Gerakan Membangun Desa Mandiri (Gerbangsari) dengan kemitraan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di lapangan untuk membantu percepatan pemulihan ekonomi.

“Melalui Gerbangsari ini kami terus mendorong masyarakat untuk mengembangkan potensi daerah,” kata Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar H Syaiful Arif menanggapi upaya pemulihan ekonomi di daerah berjulukan “tanah doang”, di Makassar, Sabtu (28/5/2022).

Baca Juga  Suraidah Harap Gedung Baru DPRD Sulbar Ditempati Pelantikan

Dia mengatakan, Kabupaten Kepulauan Selayar memiliki banyak potensi untuk dikembangkan seperti kenari, kelapa ataupun sumber bahan bakar nabati yang dikenal dengan nama daerahnya “dongkalang” atau “nyamplung” di daerah Jawa.

Khusus potensi kelapa, lanjut dia, sudah akan dikembangkan untuk diproduksi menjadi minyak kelapa yang hasil sulingannya memiliki jual tinggi.

Baca Juga  50 Pengusaha Sutera di Sulbar Dilatih

Produksi tersebut selain dapat digunakan untuk bahan baku untuk obat atau kesehatan, termasuk untuk bahan baku kosmetik untuk kecantikan.

Syaiful mengatakan, produksi rumah tangga maupun skala yang lebih besar dengan bantuan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), terus didorong agar masyarakat dapat lebih sejahtera.

Baca Juga  Akmal Libatkan PII Lakukan Pengembangan Potensi Pelabuhan Sulbar

Apalagi diakui, sebagian besar masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar bermatapencaharian nelayan, diharapkan memiliki pendapatan tambahan melalui Mata Pencarian Alternatif (MPA).

Menurut dia, MPA menjadi salah satu upaya untuk mencegah terjadinya kegiatan illegal ataupun destructive fishing yang keduanya merupakan cara mencari ikan di laut yang merusak populasi dan biota laut.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *