Cegah Stunting, Masyarakat Mateng Diminta Tingatkan Komsumsi Ikan

  • Bagikan

MATENG – Masyarakat di Kabupaten Mamuju Tengah, diminta meningkatkan konsumsi ikan untuk mencegah terjadinya kasus stunting atau kekerdilan.

Hal itu disampaikan Anggota DPR-RI asal Sulawesi Barat (Sulbar) Suhardi Duka mengatakan, pihaknya bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melaksanakan sosialisasi dengan tema “Ayo Makan Ikan, makan ikan, sehat, kuat dan cerdas,” diikuti ratusan warga.

“Dalam rangka percepatan penurunan stunting dan gizi buruk di Kecamatan Budong-budong Kabupaten Mamuju Tengah maka dilaksanakan sosialisasi gemar makan ikan,” kata Suhardi Duka di Mamuju Tengah.

Baca Juga  KPU Polman Selesaikan Penyusunan Dokumen Anggaran Kebutuhan Pilkada 2024

Menurut dia, sosialisasi tersebut dalam rangka meminta masyarakat meningkatkan konsumsi ikan untuk mencegah terjadinya kasus stunting, karena tingkat konsumsi ikan di Mamuju Tengah dinilai rendah.

Sesuai data kementerian kesehatan, angka stunting di Mamuju Tengah mencapai 26,3 persen, yang juga disebabkan rendahnya tingkat konsumsi ikan masyarakat.

Baca Juga  Abdi Manaf Siap Maju Pilkada Majene 2024

Ia menyampaikan hasil penelitian kementerian kesehatan bahwa anak yang stunting itu pasti pertumbuhan otaknya terganggu, sehingga harus makan ikan karena asupan gizi akan memperbaiki dan menyehatkan otak manusia.

Oleh karena itu, KKP dan Komisi IV DPR RI bersinergi untuk mengampanyekan makan ikan bagi masyarakat, karena ikan memiliki sumber asupan gizi yang dapat mencegah terjadinya kasus stunting.

Baca Juga  Peraturan Gubernur Sulbar Tentang Pemilihan Kepala Daerah 2024 Disahkan Bulan ini

Ia juga berharap pemerintah di Mamuju Tengah agar terus dapat mensyosialisasikan agar masyarakat gemar makan ikan.

Selain itu, mendorong peningkatan sarana dan prasarana sektor kelautan dan perikanan untuk meningkatkan produksi ikan yang akan dikonsumsi masyarakat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *