Akmal Malik Resmi Jadi Pj Gubernur Sulawesi Barat Usai Dilantik Mendagri

  • Bagikan

MAMUJU – Akmal Malik secara resmi sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Barat.

Akmal Malik baru saja dilantik, Mendagri Tito Karnavian di Ruangan Sasana Praja Gedung C Lantai 3 Kemendagri Jl Medan Merdeka Utara Nomor 7 Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022).

Drs. Akmal Malik, M.Si lahir di Pulau Punjung, Dharmasraya, Sumatera Barat pada 16 Maret 1970.

Akmal merupakan birokrat Indonesia yang menjabat sebagai Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Lulusan IPDN ini merupakan Ketua Dewan Pengurus Nasional Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (DPN IKAPTK).

Baca Juga  Peserta Jalan Sehat HUT Golkar Membludak di Stadion Prasamya Majene

Akmal Malik menjabat sebagai Direktur Jenderal Otonomi Daerah pada Kementerian Dalam Negeri terhitung mulai tanggal 9 September 2019 sampai saat ini.

Dia juga sempat menjabat sebagai Plt. Direktur Jenderal Otonomi Daerah sejak 1 Maret 2019. Sebelumnya, menjabat sebagai Sekretaris Ditjen Otonomi Daerah (2018-2019).

Akmal bergabung dengan Kementerian Dalam Negeri khususnya Direktorat Jenderal Otonomi Daerah pada tahun 2014 di Subbag Kepegawaian pada Bagian Perundang-Undangan dan Kepegawaian Setditjen Otonomi Daerah.

Berbagai terobosan dan inovasi dilakukan oleh Akmal Malik, sepanjang 2021, yakni terus melakukan inovasi dan kebijakan yang memastikan roda pemerintahan bergerak sesuai roadmap yang sudah ditentukan.

Baca Juga  KPU Buka Pendaftaran Calon Legislatif dari Parpol

Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, lanjut Akmal Malik, senantiasa proaktif dalam menjalankan seluruh tugas dan menyikapi proses dan dinamika kehidupan politik, pemerintahan dan kemasyarakatan.

Selain itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian juga melantik empat penjabat (Pj) gubernur lainnya.

Nama-nama yang dilantik Tito ialah Sekretaris Daerah Banten Al Muktabar sebagai Pj gubernur Banten.

Selain itu, Tito melantik Direktur Jenderal (Dirjen) Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ridwan Djamaluddin sebagai Pj gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Baca Juga  Profil Adi Ahsan, 'Singa Parlemen' di-Endorse DPP Golkar jadi Bakal Calon Bupati Majene 2024

Nama lainnya adalah Staf Ahli Bidang Sportivitas Kementerian Pemuda dan Olahraga Hamka Hendra Noer sebagai Pj gubernur Gorontalo.

Tito Karnavian juga melantik Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Kemendagri Paulus Waterpauw sebagai Pj gubernur Papua Barat.

“Saya percaya bahwa saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan,” kata Tito, Kamis (12/5/2022).

Pengangkatan mereka ditetapkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 50/P Tahun 2022. 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *