Anggaran Pemilu 2024 Diperkirakan Mencapai Rp 110,4 Triliun

  • Bagikan

JAKARTA – Anggaran yang diperlukan untuk pelaksanaan pemilu 2024 diperkirakan mencapai Rp 110,4 triliun.

Hal ini ditegaskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) seperti ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (10/4/2022).

“Kemarin sudah disampaikan ke saya bahwa diperkirakan anggarannya sebesar Rp 110, 4 triliun, KPU dan Bawaslu,” ujar Jokowi.

“KPU-nya Rp 76,6 triliun dan Bawaslu-nya Rp 33,8 triliun,” lanjut Jokowi.

Baca Juga  Puluhan Ribu DPTb Pindah Masuk dan Keluar Sulbar

Untuk itu, Jokowi meminta agar alokasi dana baik dari APBN dan APBD segera diputuskan.

“Harus segera diputuskan mengenai alokasi dana, baik dari APBN maupun APBD dalam rangka persiapan Pemilu dan Pilkada,” jelas Jokowi.

“Saya minta detail lagi, dihitung lagi, dikalkulasi lagi, baik dalam APBN maupun APBD dan dipersiapkan secara bertahap,” pungkasnya.

Baca Juga  Prabowo Resmikan Kantor DPD Gerindra di Banten

Jokowi mengatakan penegasan soal jadwal penyelenggaraan Pemilu 2024 harus diberikan agar tak ada lagi isu soal penundaan hingga ‘3 periode’.

“Yang pertama, saya minta disampaikan kepada masyarakat bahwa seluruh tahapan dan jadwal pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak itu sudah ditetapkan. Saya kira sudah jelas, semuanya sudah tahu bahwa pemilu akan dilaksanakan 14 Februari 2024,” kata Jokowi.

Baca Juga  Anggaran Pemilu 2024 Capai Rp76,656 Triliun

“Ini perlu dijelaskan, jangan sampai nanti muncul spekulasi-spekulasi yang apa, yang isunya beredar di masyarakat bahwa pemerintah tengah berupaya untuk melakukan penundaan pemilu atau spekulasi mengenai perpanjangan jabatan presiden dan juga yang berkaitan dengan soal 3 periode,” imbuhnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *