Segini Perolehan Medali Sulbar di Ajang Popnas XVI

  • Bagikan
Perolehan Medali Sulbar di Ajang Popnas XVI

PALEMBANG — Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI 2023 di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) resmi ditutup.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, S.A. Supriono mewakili Gubernur Sumatera Selatan menutup event besar tingkat pelajar ini, di Dinning Hall Jakabaring, Minggu (3/9/2023) malam.

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Sulbar, Agus, yang hadir mewakili Pemprov Sulbar di acara penutupan, serta sejumlah atlet, pelatih, official dan pendamping.

Berdasarkan hasil akhir POPNAS XVI 2023 ini, tim kontingen Sulawesi Barat berhasil meraih 3 medali, masing-masing 1 medali emas dan 2 medali perak.

Medali emas diraih oleh atlet jalan cepat Sulbar, Ainul Yakin. Sementara dua medali perak diraih oleh atlet balap sepeda putra, Muhammad Yahya Usman, dan tim takraw putri Sulbar.

Pada POPNAS XVI 2023 ini, di peringkat 1 diraih oleh DKI Jakarta, disusul Jawa Barat di posisi ke 2, dan Jawa Timur di posisi ke 3. Lalu, di posisi ke 5 ada DIY, Sumsel di peringkat ke 6, dan Kalimantan Timur di posisi ke 7. 

Baca Juga  30 Club Ikut Pertandingan Sepakbola Bupati Cup Mamuju Pertama

Selanjutnya, posisi ke 8 diduduki oleh Kalimantan Barat (Kalbar), disusul Banten di posisi ke 9, dan Sumatera Utara bertengger di peringkat ke 10.

Kontingen Sulbar hanya mampu meraih posisi ke 23 dari 34 Provinsi yang mengikuti POPNAS XVI Palembang.

Di bawah Sulbar ada Sulawesi Utara (Sumut) di urutan ke 24, Kepulauan Riau (Kepri) di posisi ke 25, Kalimantan Utara (Kaltara) di posisi ke 26, Maluku Utara di posisi 27, Papua di posisi 28, Gorontalo di posisi 29, Sulawesi Tengah (Sulteng) ke 30, Sulawesi Tenggara (Sultra) ke 31, Bangka Belitung di posisi 32, Maluku di posisi 33, dan Papuan Barat di posisi 34.

Seperti diketahui, Sulbar hanya mengirimkan 51 atlet untuk mengikuti 9 cabang olahraga (Cabor) dari 22 Cabor yang dipertandingkan.

Baca Juga  PSM Makassar Belum Aman dari Zona Degradasi Liga 1

Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sulbar, Agus mengakui, kemampuan para atlet Sulbar dapat mengimbangi permainan tim-tim yang selama ini terbina dengan baik di seluruh Provinsi.

“Sudah sangat luar biasa pencapaian ini. Lawan kita adalah tim yang sudah terbina dengan baik. Karena itu, perjuangan anak-anak kita sudah luar biasa di Popnas XVI 2023 ini,” kata Agus, Senin (4/9/23).

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Sulbar, Safaruddin Sanusi DM, juga menyampaikan rasa bangga atas perjuangan para atlet Sulbar.

“Perolehan 3 medali oleh tim atlet Sulbar adalah prestasi yang sudah luar biasa. Tidak mudah mencapai posisi ini. Kita hanya mengirim atlet sedikit, berbeda dengan Provinsi yang lain. Tapi kita sudah mampu bersaing dan bisa mengalahkan 10 provinsi lain,” kata.

Menurutnya, ke depan dibutuhkan pembinaan secara maksimal kepada atlet-atlet muda menuju event atau kejuaraan di tingkat Nasional lainnya.

Baca Juga  Atlet Sulbar Raih Medali Emas dan Perunggu di Kejurnas Karate 2023 di Kupang

“Termasuk kita akan maksimalkan juga para atlet menuju Pekan Olahraga Nasional di Aceh dan Sumatera Utara 2024 mendatang,” tegasnya.

Safaruddin menyebut, 3 medali yang diraih Sulbar merupakan kado peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulbar ke 19.

“Insya Allah, peraih medali ini akan mendapatkan apresiasi dari bapak Penjabat Gubernur Sulbar yang akan diserahkan pada momentun HUT Sulbar 22 September 2023 ini,” ujarnya.

Tak lupa, Safaruddin menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh pihak atas kelancaran dan suksesnya kontingen Sulbar di POPNAS XVI Palembang 2023.

“Terimakasih atas dukung pak Gubernur, pak Sekda, DPRD Sulbar. Kemudian kepada para atlet, pelatih, orang tua atlet, pendamping dan official, dan seluruh warga Sulbar atas doanya semua,” ucap Safaruddin.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada ruan rumah Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, kepada panitia Popnas. Pelayanannya sungguh luar biasa,” tutup mantan Kadis Kominfo Sulbar ini. (rls)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *