Pemda di Sulawesi dan Kalimantan dukung IKN Nusantara

  • Bagikan

MAMUJU – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat mendorong konektivitas pemerintah daerah di Pulau Sulawesi dan Kalimantan dalam upaya mendukung Ibu Kota Negara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur.

“Tidak ada pilihan selain membuka akses, mendorong konektivitas untuk mewujudkan pemerataan pembangunan,” kata Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik pada pertemuan regional pemda se-Sulawesi dan Kalimantan, di Mamuju, Kamis (01/09/2022).

Baca Juga  Jelang Ramadan, TPID Sulbar Antisipasi Kenaikan Harga Bahan Pokok

Pertemuan yang mengangkat tema “Pemerataan Pembangunan Daerah Melalui Pembangunan IKN” lanjut Akmal Malik, membahas rencana pembangunan dengan harapan daerah penopang IKN ke depan, meningkatkan koordinasi dan kolaborasi.

“Pertemuan ini mempererat silaturahmi dan momentum bagi kita meningkatkan koordinasi dalam mendukung IKN,” ujar Akmal Malik.

Pandemi COVID-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia menurut dia, mengajarkan agar ke depan mendorong pertumbuhan ekonomi, tidak hanya bertumpu di Pulau Jawa.

Baca Juga  Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Temukan Tiga Desa Terisolir di Mamasa. Begini Responnya

“Karenanya, penting meningkatkan arus perdagangan di setiap wilayah. Salah satu sektor yang bisa didorong adalah mengoptimalkan konektivitas wilayah,” tutur Akmal Malik.

Sehingga tambahnya, Sulbar dengan PDRB kecil dapat mengejar ketertinggalan dari daerah lain, baik Sulsel dan Sulteng.

Baca Juga  Kepala Dinas Kehutanan Paparkan Rencana Kerja FOLU Net Sink 2030 Sulbar

Ia juga berharap untuk provinsi di Sulawesi segera berbenah, melakukan konsolidasi memprioritaskan infrastruktur strategis yang mendukung IKN.

“Begitu juga di Sulbar saat ini terus mendorong infrastruktur perhubungan. Kita ingin setiap kabupaten memiliki pelabuhan dan rencana ke depan bangun bandara perintis di Kabupaten Polewali Mandar dan Pasangkayu,” demikian Akmal Malik Malik.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *