Festival Perahu Tradisional Tak Gunakan APBD, Pemda di 34 Provinsi Jadi Sponsor

  • Bagikan

POLMAN – Penjabat Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik mengatakan Festival Perahu Sandeq 2022 yang akan dilaksanakan dengan rute pelayaran dari wilayah Sulawesi Barat  (Sulbar) menuju ibukota negara (IKN) di pulau Kalimantan tidak membebani APBD.
 
“Festival Perahu Sandeq digelar sebagai bentuk dukungan terhadap IKN dari pemerintah daerah di Indonesia namun tidak membebani APBD,” kata Akmal Malik, Minggu (31/7/2022).

Ia mengatakan seluruh pemerintah daerah di 34 Provinsi di Indonesia akan berpartisipasi dalam acara yang digelar sebagai rangkaian hari jadi Sulbar pada September 2022.

Festival perahu tradisional tersebut akan digelar tanpa menggunakan APBD Sulbar, namun mengandalkan sponsor yang ada di setiap provinsi di Indonesia.

Baca Juga  Kasat Lantas Polman Tegaskan Sopir Damkar Harus Miliki SIM

“Setiap provinsi di Indonesia, akan memanfaatkan dana Corporate social responsibility (CSR) mendukung program tersebut,” katanya.

Ia menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk inovasi pemerintah daerah dengan tidak menggunakan APBD yang tengah difokuskan untuk membangun ekonomi masyarakat Sulbar.

Baca Juga  Alfamidi Pekkabata Diserbu Ibu-ibu, Apa yang Mereka Lakukan?

Menurut dia, Pemerintah daerah di Sulbar dan panitia pelaksana telah mematangkan persiapan teknis pelaksanaan Festival Perahu Sandeq 2022 menuju IKN dari Mamuju tersebut.

“Tiga puluh empat perahu Sandeq akan berlayar ke pulau Kalimantan sebagai tanda atau simbol yang dibungkus dalam budaya Sulbar, bahwa 34 provinsi di Indonesia siap memberikan dukungan percepatan pembangunan IKN,” katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa Pemprov Sulbar dan pemkab enam kabupaten di Sulbar akan bersama mengawal panitia dalam bekerja menghimpun dana bantuan untuk mensukseskan kegiatan tersebut

Baca Juga  Sampah Makin Menggunung dan Busuk, Pendapatan Pedagang di Pasar Wonomulyo Anjlok

“Akan dilakukan kerjasama dengan BUMN dan semua pihak lainnya yang mendukung pembangunan IKN, untuk menjadi sponsor,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan rute festival Sandeq akan dimulai dari Tanjung Silopo Kabupaten Polman, menuju Somba dan wilayah Deking di Majene Kabupaten Majene sejauh 170 kilometer.

Selanjutnya akan menuju pulau Kalimantan dan akan dikawal oleh TNI untuk menjaga keselamatan para passandeq atau orang yang mengemudikan perahu tradisional.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *