Bupati Majene Temui Gubernur, Minta Fasilitasi Bantuan Stimulan Tahap II Korban Gempa

  • Bagikan
Bupati Majene membawa aliansi masyarakat peduli korban gempa, temui Gubernur soal kejelasan bantuan stimulan tahap II korban gempa bumi 2021 lalu.

Mamuju — PJ Gubenur Sulbar Akmal Malik menyambut kehadiran Bupati Majene, Andi Achmad Sukri di Rujab Gubernur Sulbar, Selasa 24 Januari 2023. 

Pemkab Majene membawa aliansi masyarakat peduli korban gempa, membahas terkait kejelasan bantuan stimulan tahap II korban gempa bumi 15 Januari 2021, Majene-Mamuju. 

PJ Gubenur Sulbar Akmal Malik mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemkab Majene. Hanya saja, Akmal Malik belum dapat menjawab terkait permasalahan dari dana bantuan tersebut. 

“Informasi mengenai data itu belum pernah disampaikan ke kami. Bagaimana kami akan mengomunisasikan ke pusat?,” ujar Akmal Malik

Baca Juga  Akmal Malik Mengaku Terlambat ke Marano: Marahlah ke Kadis Transmigrasi

Untuk itu, Ia meminta masyarakat bersabar, dan menyarankan kepada Pemkab Majene untuk menyelesaikan persoalan data. Setelah adanya data dilakukan audit dengan melibatkan inspektorat dan BPBD, baik kabupaten maupun provinsi. 

“Pasti kita akan bantu untuk menyelesaikan permasalahan ini. Tapi saya minta Inspektorat melakukan audit agar mengetahui duduk perkaranya. Karena sampai sekarang saya belum menerima laporan dan belum melihat datanya itu,” ujar Akmal Malik. 

Demikian disampaikan Kepala BPBD Pemprov Sulbar Amir Maricar mengatakan , selama ini komunikasi terkait data korban gempa langsung disampaikan oleh Pemkab ke Pusat. Sehingga provinsi tidak mengetahui perkara bantuan tersebut. 

Baca Juga  Ketum Korpri Ajak ASN Ubah Layanan Manual ke Digital

“Setelah ada data nanti kita cari solusinya. 

Memang kabupaten bukan diperintah langsung provinsi namun ketika ada permasalahan pasti provinsi juga akan dilibatkan. Makanya pentingnya koordinasi,” tegas Akmal Malik. 

Ia pun berharap Pemkab Majene terus terang kepada masyarakat. khususnya Korban gempa yang sampai saat ini mengharapkan dana bantuan itu. 

“Kita harus jujur kepada masyarakat bahwa memang secara struktural provinsi tidak memegang data pendukung terkait bantuan itu, Sehingga tidak memiliki dasar dalam melakukan komunikasi ke pusat untuk memperjelas bantuan tersebut. Sampaikan apa adanya kepada kita (di provinsi) tidak tahu persoalannya apa. Tapi saya akan berusaha akan membantu bapak-bapak,” ungkapnya.  

Baca Juga  Akmal Malik Rapat Virtual Bareng Mendagri, Bahas Pengendalian Inflasi

Bupati Majene Andi Achmad Sukri Tammalele mengaku, dirinya dilantik sebagai Bupati Majene pasca gempa 2021. Sehingga untuk persoalan bantuan itu ia harus berkoordinasi dengan provinsi agar dapat bersama-sama memperjelas bantuan tersebut. 

Diketahui, BPBD Majene telah merampungkan data, tercatat masih terdapat 4.089 masuk daftar penerima bantuan tahap ke II. Data tersebut sudah disodorkan ke BNPB. 

Untuk itu melalui pertemuan itu berharap Pemprov dapat membantu menyelesaikan persoalan tersebut. (rls)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *