Delapan Program Unggulan Pemkab Mamuju Tengah Tahun 2023

  • Bagikan

MATENG – Terdapat delapan program unggulan yang akan dilaksanakan pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat pada 2023.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Mamuju Tengah Litha Febriani, mengatakan rencana pembangunan tahun 2023 telah disusun.

Pembangunan Mamuju Tengah tahun 2023 akan dioptimalkan untuk pembangunan infrastruktur untuk pelayanan dasar dan daya saing perekonomian daerah.

Menurut dia terdapat delapan program pemerintah yang menjadi program unggulan akan dilaksanakan pada 2023.

Baca Juga  Tiga Anggota DPRD Mamuju Tengah PAW Dilantik

Diantaranya pembangunan infrastruktur dasar dan wilayah yakni menyangkut pembangunan infrastruktur dasar pendidikan, kesehatan dan layanan sosial serta pembangunan infrastruktur wilayah secara merata di perkotaan dan pedesaan.

Selain itu pelayanan pendidikan dan kesehatan dengan, meningkatkan layanan publik, pemantapan SDM dalam pemenuhan akses masyarakat kembali ber sekolah.

Selain itu pembangunan dan pengembangan ekonomi ramah lingkungan, pemantauan dan pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup.

Ia juga mengatakan, program lainnya, pemeliharaan ketertiban dan kesatuan bangsa, deteksi dini dan pencegahan konflik sosial, politik, antar etnis, pertanahan serta ketentraman dan ketertiban umum.

Baca Juga  Pedagang Tahu Tempe di Mamuju Tengah Diringkus Polisi

“Kemudian pengembangan UMKM dan Investasi berbasis sumber daya unggulan lokal, penciptaan iklim investasi yang kondusif dan peningkatan produktivitas tenaga kerja,” katanya.

Selain itu pengembangan produksi dan hilirisasi pertanian, pengembangan hilirisasi produk unggulan secara bertahap dan memperkuat ketahanan pangan lokal.

Penguatan tata laksana pemerintah, meliputi sistem, proses dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien serta terukur.

Baca Juga  Kasatpol PP Mateng Mengantuk, Mobil Terjun ke Sungai

Terakhir kata dia, pembangunan inovasi daerah dengan melakukan pemetaan inovasi perangkat daerah dalam mendukung sasaran pembangunan.

“Semua Program tersebut berpedoman rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) yang sudah kita sepakati bersama DPRD Mamuju Tengah, kemudian rancangan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Mamuju Tengah yang sinkron dengan program pemerintah pusat dan Pemprov  Sulbar,” katanya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *