Yayasan Atap Keberagaman Indonesia Gelar Hari Anak Jakarta Membaca

  • Bagikan

JAKARTA – Hari Anak Jakarta Membaca merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mewujudkan generasi cinta membaca bagi anak, khususnya di Jakarta dan pada umumnya generasi seluruh masyarakat Indonesia

Selain itu, adanya Hari Anak Jakarta Membaca juga bertujuan untuk meningkatkan kebiasaan dan budaya membaca bagi masyarakat secara luas.

Riset dari Programme for International Student Assessment atau PISA menunjukkan bahwa Indonesia termasuk negara yang minat bacanya rendah.

Hal ini terlihat dari Indonesia yang menempati peringkat ke 60 dari total 65 negara kategori membaca.

Riset yang dilakukan PISA ini meliputi berbagai hal, seperti memahami, merefleksikan, dan menggunakan hasil bacaan dalam bentuk tulisan.

Baca Juga  Menteri Perdagangan akan Hadiri Rakernas ke-2 JMSI di Banda Aceh

Indonesia sendiri memperoleh nilai 395 dari rata-rata nilai yang ditetapkan PISA yaitu 500.

Hal inilah yang kemudian mendorong Yayasan Atap Keberagaman Indonesia untuk membuat kegiatan Hari Anak Jakarta Membaca ini melalui Wujud Aksi Indonesia Kenali dan Cintai.

“Minimal Aktivitas masyarakat yang serba terbatas di masa pandemi COVID-19 ini menjadikan membaca sebagai aktivitas pilihan,” kata Ketua Yayasan Atap Keberagaman Indonesia Bahtiar dihadapan sejumlah wartawan, Rabu (24/08/2022).

Pada Kegiatan Hari anak Jakarta Membaca yang dimulai di MI NURUL HUDA PALMERAH DKI JAKARTA diharapakan menjadi Stimulus untuk memasyarakatkan perpustakaan, mewujudkan Generasi Cinta membaca dalam menambah pengetahuan, memperluas wawasan, dan menemukan hal-hal yang dapat mengubah kehidupan dan menumbuh kembangkan minat, kegemaran, kebiasaan, serta budaya baca bagi warga DKI Jakarta atau masyarakat Indonesia Pada Umumnya.

Baca Juga  26 Pemda Terima Insentif Fiskal Kemiskinan Ekstrem dari Pemerintah

Hal ini merujuk pada minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Dari 61 negara, Indonesia menempati urutan ke-60 terkait dengan minat baca.

Salain Kegiatan Berbagi Buku Ke Siswa Siswi Sekolah dalam kegiatan HANJABA ini juga di isi beberapa Kegiatan lain Seperti Pemberian Paket Aksi Indonesia Kenali dan Cintai Ke Beberapa Siswa siswi melalui Dorprize dan Kuis dengan memberikan soal pertanyaan tentang Pendidikan, Keindonesiaan dan Kebangsaan.

Baca Juga  Terbaru! Harta Kekayaan Jokowi Bertambah Miliaran, Ma'ruf Amin Anjlok

Siswa Siswi Penjawab Pertanyaan tercepat diantaranya Kaiya Ramadhani, Maziatul Husna, Rahja yudha kelas VI dan Muhammad Faris, Zaidan Naufal Alif Nasution yang duduk di Bangku Kelas V Berhasil Mendapatkan Hadiah Utama Paket Aksi Indonesia Kenali dan Cintai.

Bukan Cuma Buku dan Paket Aksi Indonesia Kenali dan Cintai yang Kami Bagikan. Masker juga Ada Sebagai bentuk Sosialisasi Bahwa Covid 19 Belum Berakhir dan Masih Ada disekeliling kita. Ayo Sama sama, Bergotong Royong, Kolaborasi untuk memerangi sebagai Persoalan Kolektif.
Tutup Bahtiar Ketua Yayasan Atap Keberagaman.(rls/).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *