Usai Dibersihkan, Kendaraan Melintas di Desa Kelapa Dua Polman

  • Bagikan

POLMAN – Akses jalan menuju Desa Kelapa Dua, Kecamatan Anreapi, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, kini sudah dapat dilalui kendaraan yang melintasi wilayah itu, Rabu (17/5/2023).

Material longsor yang sebelumnya sempat menutupi sejumlah titik menutup bahu jalan, kini perlahan sudah mulai di bersihkan.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Polman mendatangkan satu unit alat berat yang membersihkan seluruh material longsor.

Alat berat itu mulai membersihkan material berupa tanah dan ranting pohon di Dusun Lekke, Desa Kelapa Dua. Warga dibantu beberapa petugas, gotong royong dalam pembersihan.

Baca Juga  Lestarian Seni dan Budaya, Pemprov Sulbar Gelar Pekan Kebudayaan Daerah

Longsor itu terjadi pada Selasa (16/5/2023) dini hari kemarin, kendaraan sempat tidak dapat melintas.

Jalan itu juga merupakan penghubung antaran Kabupaten Mamasa dengan Polman. Warga bersama petugas membersihkan material longsor yang sempat mengenai satu rumah.

“Kalau longsor itu ada beberapa titik, semua di bahu jalan, ini sudah ada alat berat di lokasi,” ujar Herianto, salah satu warga kepada wartawan.

Ia mengatakan sejumlah tebing yang berada di pinggir jalan mengalami longsor. Lantaran curah hujan di Desa Kelapa Dua, cukup tinggi selama tiga hari terakhir. Bahkan satu rumah warga mengalami kerusakan cukup para, ditimpa material longsor.

Baca Juga  Jelang Agustus, Pemilik Perahu Sandeq di Majene Mulai Benahi Perahunya

Herianto mengatakan peristiwa nahas yang dialami warga itu terjadi saat hendak istirahat di malam hari. Tiba-tiba pemilik rumah mendengar suara gemuruh dari arah belakang di tebing sisi jalan.

Material longsor berupa tanah dan pohon kayu langsung menghantam satu rumah tersebut. Sementara itu, Kepala Polisi Pos Anreapi, Iptu Arifin memastikan, hari ini kendaraan sudah dapat melintas.

Baca Juga  Lapas Kelas IIB Polman Gunakan Metode Drive Thru Untuk Penitipan Barang

“Kendaraan sudah bisa lewat, baik itu mobil besar, material longsor sudah dibersihkan,” ujar Iptu Arifin kepada wartawan.

Ia mengatakan material longsor perlahan disingkirkan dari bahu jalan, menggunakan alat berat.

Disebutkan kendaraan harus mengurangi kecepatan, lantaran kondisi jalan yang masih licin. Kendaraan dari arah Polewali harus bergantian melintas, lantaran hanya terbuka satu jalur.

“Kita himbau untuk hati-hati saat melintas, karena sementara proses pembersihan material longsor,” lanjutnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *