Tutor Paket A, B dan C PKBM Putra Kembar Gelar Rapat Persiapan UPK TA 2021/2022

  • Bagikan

SULBAR99NEWS.COM-POLMAN, Rapat pertemuan tutor paket A.B.C.PKBM putra kembar dalam kegiatan pembentukan panitia pelaksanaan UPK tahun ajaran 2021/2022 Polman Senin 24 januari 2022

Peningkatan kualitas layanan pendidikan merupakan salah satu agenda prioritas pembangunan pendidikan nasional, kurikulum yang mengakomodir perkembangan dunia pendidikan khususnya dalam era disrupsi seperti Sekarang ini merupakan salah satu perangkat utama untuk mendorong peningkatan kapasitas sumber daya manusia Indonesia, aspek penting lainnya dalam upaya menjamin kualitas layanan pendidikan adalah menyediakan sistem penilaian yang komprehensif sesuai dengan standar nasional pendidikan, kementrian pendidikan kebudayaan,riset dan teknologi melalui direktorat pendidikan masyarakat dan pendidikan khusus direktorat jenderal PAUD dikdasmen menyusun prosedur operasional standar ujian pendidikan kesetaraan (POS UPK) tingkat kesatuan pendidikan memenuhi tantangan tersebut.

POS UPK tingkat satuan pendidikan ini di susun sebagai acuan bagi dinas pendidikan sesuai dengan kewenangannya dan bagi satuan pendidikan penyelenggara pendidikan kesetaraan, dalam merencanakan serta menyelenggarakan UPK tingkat satuan pendidikan di daerah masing-masing.

Baca Juga  Kadisdikpora Majene Mithhar Harap Tidak Ada Anak Putus Sekolah

PKBM putra kembar beralamat desa tangnga tangnga kecamatan Tinambung kabupaten Polman menghadirkan 34 tutor PKBM putra kembar membahas pembentukan panitia pelaksana UPK tahun ajaran 2021/2022.

Derektur PKBM putra kembar JUMARUDDIN di dampingi jubir PKBM putra kembar IDRUS S.Pd memaparkan penyertaan peserta UPK paket A.paket B.paket C di lanjut hak dan kewajiban peserta UPK

Hak peserta UPK
1.setiap peserta didik yang telah memenuhi persyaratan berhak mengikuti UPK
2.peserta UPK yang karena alasan tertentu dan di disertai bukti yang sah dpat mengikuti ujian susulan

Kewajiban peserta UPK
1.mengikuti semua mata pelajaran yang diujikan
2.mematuhi tata tertib ujian

Jumaruddin juga

  • membahas pendaftaran peserta UPK
  • pemeriksaan dan pengolahan hasil UPK
  • kriteria pencapaian kompetensi lulusan berdasarkan hasil UPK
  • pemantauan evaluasi dan laporan
Baca Juga  Pemprov Sulbar Siapkan Rp55 Miliar untuk Gaji PPPK

Dilanjut pemahaman

  • SYARAT KISI-KISI

Kisi-kisi yang baik akan memenuhi persyaratan,
Kisi-kisi harus dapat mewakili isi silabus/kurikulum atau materi yang telah diajarkan secara tepat dan proporsional.( Kurikulum 13)
Komponen-komponennya diuraikan secara rinci, jelas dan mudah dipahami.
Soal-soalnya dapat dibuat sesuai dengan indikator dan bentuk soal yang telah ditetapkan

  • Perumusan Indikator Soal
    Komponen-komponen indikator soal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan kisi – kisi adalah subjek, perilaku yang akan diukur, dan kondisi/konteks/stimulus. Untuk merumuskan indikator dengan tepat, tutor harus memperhatikan materi yang akan diujikan, indikator pembelajaran, dan kompetensi dasar.

Adapun jadwal pelaksanaan Ujian Pendidikan Kesetaraan di yang direncanakan Oleh PKBM putra kembar diantar bulam maret sampai bulan mei.

Penyusunan Soal akan mulai  dilaksanakan pada saat terbentuknya panitia UPK soal yang di buat panitia UPK terdiri dari soal inti dan soal susulan
Untuk Jenjang Paket A SETARA SD.Sedangkan paket B SETARA SMP dan paket C SETARA SMA Penysunan Soal akan di serentakkan

Baca Juga  Mendikbudristek Tegaskan Pendidikan Akademik Mesti Diimbangi Pendidikan Karakter

TAHAPAN PERSIAPAN UPK SEBAGAI BERIKUT: 

Pembentukan Panitia UPK
Pembentukan Tim Penyusun Soal UPK
Pembentukan TIM Pemeriksa Naskah UPK Baik Daring Maupun LURING
Pembentukan TIM Pembobotan Nilai UPK
Persiapan Kisi-kisi soal UPK
Penyusunan SOAL UPK
Penginputan Soal UPK di Aplikasi Setara Daring 
Rekap Dan distribus TOKEN /Kode UJIAN Ke Peserta Ujian Pendidikan Kesetaraan Paket A-B dan C
UJIAN PENDIDIKAN KESETARAAN ( UTAMA DAN SUSULAN) Terjadwal
PENGUMUMAN KELULUSAN.
G.MONITORING DAN EVALUASI

Kegiatan ini diselenggarakan Oleh PKBM putra kembar dalam bentuk mengantisipasi menyiapkan sarana pendukung UPK yang lebih baik dari pada tahun kemarin.

Direktur PKBM putra kembar Jumaruddin, memberikan Motivasi Kepada Seluruh tutor yang ada/ hadir agar dalam pelaksanaan UPK menghasilkan kegiatan UPK bermutu dan bermartabat tuturnya. (Syarifuddin Andi)

  • Bagikan