Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas Hingga 7 Kilometer, Warga Panik

  • Bagikan
semeru muntahkan awan panas
Awan Panas Muntahan gunung semeru tampak di atas pemukiman warga. (foto: ist)

JAKARTA – Gunung Semeru kembali mengeluarkan awan panas guguran (APG) sejauh 7 kilometer. Peristiwa ini menimbulkan kepanikan warga di Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Minggu (4/12/2022).

Momen kepanikan warga itu terlihat dari sejumlah video yang beredar di media sosial. Warga tampak mengendarai kendaraan masing-masing, baik mobil maupun sepeda motor, keluar dari gapura Desa Supit Urang diduga menuju lokasi evakuasi sementara yang disediakan.

Baca Juga  Diduga Depresi Berat, Pemuda di Mamuju Nekat Gantung Diri

Dalam video lainnya tampak warga Desa Supit Urang segera keluar dari desa itu menuju titik aman. “Supit Urang pengosongan, Supit Urang pengosongan,” demikian suara salah satu relawan di video.

Dilansir dari detik.com, Kepala BPBD Patria Dwi Hastiadi menyebutkan Gunung Semeru mengeluarkan APG pukul 02.46 WIB hingga pukul 06.00 WIB menuju Besuk Kobokan.

Baca Juga  Tim Puslabfor Polda Sulsel Identifikasi Penyebab Kebakaran Kantor DPRD Polman

Saat ini, pihaknya sedang mengkondisikan warga. Menurut dia, warga perlu dievakuasi sementara di titik kumpul yang telah ditentukan.

“Dua desa terdampak. Dua desa itu belum perlu evakuasi, tetapi masyarakat harus keluar rumah, berkumpul di titik kumpul,” ujarnya Minggu (4/12/2022).

Baca Juga  Hendak Mencari Ikan di Perairan Bababulo, Borahing Dilaporkan Hilang

BPBD dan petugas di lapangan mengkondisikan evakuasi sementara warga sembari mengamati kondisi erupsi. Adapun titik kumpul yang ditentukan untuk warga Desa Supit Urang berada di balai desa setempat atau ke SD terdekat. (dtk)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *